SILABUS / GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENYULUHAN
Mata Penyuluhan : Akhlak
Kelompok : Majlis Ta’lim / Remaja Masjid / dll yang relevan
Standar Kompetensi : 1. Membiasakan perilaku terpuji.
KOMPETENSI DASAR | MATERI PENYULUHAN | KEGIATAN PENYULUHAN | INDIKATOR | PENILAIAN | METODE | ALOKASI WAKTU | Dalil | SUMBER/ BAHAN/ALAT |
1.1 Menyebutkan pengertian perilaku husnuzhan | Husnu zhan : · Pengertian Perilaku Husnu zhan | · Mendiskusikan pengertian perilaku husnu zhan. · Mengidentifikasi prilaku-prilaku yang berkaitan dengan husnuzhan. | · Mampu menyebutkan pengertian husnu zhan terhadap Allah · Mampu menyebutkan pengertian husnu zhan terhadap diri sendiri. · Mampu menyebutkan pengertian husnu zhan terhadap sesama manusia. | Jenis Tagihan: Tugas Individu Tugas kelompok, Tes lisan, tulisan Bentuk instrumen: Uraian bebas /soal | · Ceramah · Diskusi · Tanya Jawab · Bermain Peran · Game · Quis | 2 jam | | · Al-Quran dan terjemah. · Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali) · Buku-buku yang relevan. |
1.2 Menyebutkan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia | Husnu zhan : · Contoh perilaku husnu zhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia. | · Mendiskusikan contoh-contoh perilaku husnu dzan terhadap Allah. · Mendiskusikan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap diri sendiri. · Mendiskusikan contoh-contoh perilaku terhadap sesama manusia. | · Mampu menyebutkan contoh husnu zhan terhadap Allah · Mampu menyebutkan contoh husnu zhan terhadap diri sendiri. · Mampu menyebutkan contoh husnu zhan terhadap sesama manusia. | Jenis Tagihan: Tugas Individu, Tugas kelompok Tes lisan, tulisan Bentuk instrumen: Lembar pengamatan | · Ceramah · Diskusi · Tanya Jawab · Bermain Peran · Game · Quis | 2 jam | | · Al-Quran dan terjemah. · Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali) · Buku-buku yang relevan. |
1.3 Membiasakan perilaku husnuzhan dalam kehidupan sehari-hari | Husnu zhan : · Perilaku Husnu zhan dalam kehidupan sehari-hari. | · Mempraktikkan contoh-contoh perilaku husnu dzan terhadap Allah. · Mempraktikkan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap diri sendiri. · Mempraktikkan contoh-contoh perilaku terhadap sesama manusia. | · Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap Allah · Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap diri sendiri. · Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap sesama manusia. | Jenis Tagihan: Tugas Individu, Tugas kelompok Tes lisan, tulisan Bentuk instrumen: Lembar pengamatan /soal | · Ceramah · Diskusi · Tanya Jawab · Bermain Peran · Game · Quis | 2 jam | | · Al-Quran dan terjemah. · Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali) · Buku-buku yang relevan. |
SILABUS / GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENYULUHAN
Mata Penyuluhan : Akhlak
Kelompok : Majlis Ta’lim / Remaja Masjid / dll yang relevan
Standar Kompetensi : 2. Membiasakan perilaku terpuji.
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | Dalil | SUMBER/ BAHAN/ALAT |
2.1 Menjelaskan pengertian adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu. | Pengertian: · Adab dalam berpakaian. · Adab dalam berhias · Adab dalam perjalanan · Adab dalam bertamu dan menerima tamu | · Mendiskusikan pengertian adab dalam berpakaian · Mendiskusikan pengertian adab dalam berhias · Mendiskusikan pengertian adab dalam perjalanan dan bertamu atau menerima tamu. | · Menjelaskan pengertian adab dalam berpakaian. · Menjelaskan pengertian adab dalam berhias · Menjelaskan pengertian adab dalam perjalanan. · Menjelaskan pengertian adab dalam bertamu dan menerima tamu | Jenis Tagihan: Tugas Individu, Tugas kelompok, Tes lisan, tulisan Bentuk instrumen: Uraian bebas /soal | 2 jam | | · Al-Quran dan terjemah. · Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali) · Buku-buku yang relevan. |
2.2 Menampilkan contoh-contoh adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu atau menerima tamu. | Contoh-contoh adab dalam : · berpakaian · berhiasp · perjalanan · bertamu atau menerima tamu. | · Menampilkan contoh-contoh adab dalam berpakaian · Menampilkan contoh-contoh dalam berhias · Menampilkan contoh-contoh dalam perjalanan · Menampilkan contoh-contoh bertamu atau menerima tamu. | · Mampu menunjukkan contoh adab dalam berpakaian. · Mampu menunjukkan contoh adab dalam berhias. · Mampu menunjukkan contoh adab dalam perjalanan · Mampu menunjukkan adab dalam bertamu dan menerima tamu. | Jenis Tagihan: Tugas Individu Tes lisan, tulisan Bentuk instrumen: Lembar pengamatan /soal | 2 jam | | · Al-Quran dan terjemah. · Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali) · Buku-buku yang relevan. |
2.3 Mempraktikkan adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu dalam kehidupan sehari-hari | Praktik adab dalam: · Berpakaian · Berhias · Perjalanan · Bertamu dan atau menerima tamu. | · Mempraktikkan adab dalam berpakaian. · Mempraktikkan adab dalam berhias. · Mempraktikkan adab dalam perjalanan. · Mempraktikkan adab dalam bertamu atau menerima tamu. | · Mampu mempraktikkan perilaku yang baik dan benar dalam berpakaian · Mampu mempraktikkan perilaku yang baik dan benar dalam berhias · Mampu mempraktikkan perilaku yang baik dan benar dalam perjalanan · Mampu mempraktikkan perilaku yang baik dan benar dalam bertamu dan menerima tamu. | Jenis Tagihan: Perilaku Individu Tes lisan, tulisan Bentuk instrumen: Lembar pengamatan /soal | 2 jam | | · Al-Quran dan terjemah. · Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali) · Buku-buku yang relevan. |
SILABUS / GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENYULUHAN
Mata Penyuluhan : Akhlak
Kelompok : Majlis Ta’lim / Remaja Masjid / dll yang relevan
Standar Kompetensi : 3. Menghindari Perilaku Tercela
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | Dalil | SUMBER/ BAHAN/ALAT |
3.1 Menjelaskan pengertian hasad, riya, aniaya dan diskriminasi | Perilaku Tercela : · Pengertian Hasad · Pengertian Riya · Pengertian Aniaya · Pengertian Diskriminasi. | · Mendiskusikan pengertian hasad. · Mendiskusikan pengertian riya. · Mendiskusikan pengertian aniaya. · Mendiskusikan pengertian diskriminasi. | · Mampu menjelaskan pengertian hasad · Mampu menjelaskan pengertian riya. · Menjelaskan pengertian riya. · Menjelaskan pengertian diskriminasi | Jenis Tagihan: Tugas Individu, Tugas kelompok, Tes lisan, tulisan Bentuk instrumen: Uraian singkat /soal | 2 jam | | · Al-Quran dan terjemah. · Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali) · Buku-buku yang relevan. |
3.2 Menyebutkan contoh perilaku hasad, riya, aniaya dan diskriminasi. | Contoh-contoh perilaku tercela : · Hasad · Riya · Aniaya · diskriminasi | · Mendiskusikan contoh-contoh perilaku hasad. · Mendiskusikan contoh-contoh perilaku riya. · Mendiskusikan contoh-contoh perilaku aniaya. · Mendiskusikan contoh-contoh perilaku diskriminasi. | · Mampu menyebutkan contoh perilaku hasad · Mampu menyebutkan contoh perilaku riya · Mampu menyebutkan contoh perilaku aniaya · Mampu menyebutkan contoh perilaku diskriminasi | Jenis Tagihan: Tugas Individu, Tugas kelompok Tes lisan, tulisan Bentuk instrumen: Lembar pengamatan /soal | 2 jam | | · Al-Quran dan terjemah. · Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali) · Buku-buku yang relevan. |
3.3 Menghindari perilaku hasad, riya, aniaya dan diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari. | Menghindari perilaku: · Hasad · Riya · Aniaya · diskriminasi | · Mendiskusikan cara-cara menghindari perilaku hasad. · Mendiskusikan cara-cara menghindari perilaku riya. · Mendiskusikan cara-cara menghindari perilaku aniaya. · Mendiskusikan cara-cara menghindari perilaku diskriminasi. | · Mampu menghindari perilaku hasad. · Mampu menghindari perilaku riya. · Mampu menghindari perilaku aniaya. · Mampu menghindari perilaku diskriminasi. | Jenis Tagihan: Tugas Individu Tes lisan, tulisan Bentuk instrumen: Uraian bebas /soal | 2 jam | | · Al-Quran dan terjemah. · Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali) · Buku-buku yang relevan. |
SILABUS / GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENYULUHAN
Mata Penyuluhan : Akhlak
Kelompok : Majlis Ta’lim / Remaja Masjid / dll yang relevan
Standar Kompetensi : 4. Membiasakan berperilaku terpuji
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | Dalil | SUMBER/ BAHAN/ALAT |
4.1 Menjelaskan pengertian taubat dan raja` | Taubat dan Raja’ : · Pengertian Taubat · Pengertian Raja’ | · Mendiskusikan pengertian taubat . · Mempresentasikan hasil diskusi tentang pengertian taubat · Mendiskusikan pengertian raja’. · Mempresentasikan hasil diskusi tentang pengertian raja’. | · Mampu menjelaskan pengertian taubat · Mampu menjelaskan pengertian raja’ | Jenis Tagihan: Tugas individu Tes lisan, tulisan Bentuk instrumen: Uraian singkat /soal | 2 jam | | · Al-Quran dan terjemah. · Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali) · Buku-buku yang relevan. |
4.2 Menampilkan contoh-contoh perilaku taubat dan raja` | Taubat dan Raja’ : · Contoh Perilaku Taubat · Contoh Perilaku Raja’ | · Mempraktikkan contoh-contoh perilaku taubat. · Menunjukkan contoh-contoh perilaku taubat. · Mempraktikkan contoh-contoh perilaku raja’. · Menunjukkan contoh-contoh perilaku raja’. | · Mampu menun jukkan contoh-contoh perilaku taubat · Mampu menunjukkan contoh-contoh perilaku raja’ | Jenis Tagihan: Tugas individu Tes lisan, tulisan Bentuk instrumen: Lembar Pengamatan /soal | 2 jam | | · Al-Quran dan terjemah. · Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali) · Buku-buku yang relevan. |
4.3 Membiasakan perilaku bertaubat dan raja` dalam kehidupan sehari hari | Pembiasaan Taubat dan Raja’ dalam kehidupan sehari-hari. | · Membiasakan raja’ dalam pembelajaran. · Membiasakan taubat dalam pembelajaran. | · Terbiasa berperilaku bertaubat dan raja’ dalam kehidupan sehari-hari. | Jenis Tagihan: Tugas individu Tes lisan, tulisan Bentuk instrumen: Lembar pengamatan /soal | 2 jam | | · Al-Quran dan terjemah. · Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali) · Buku-buku yang relevan. |
SILABUS / GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENYULUHAN
Mata Penyuluhan : Akhlak
Kelompok : Majlis Ta’lim / Remaja Masjid / dll yang relevan
Standar Kompetensi : 5. Membiasakan perilaku terpuji
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | Dalil | SUMBER/ BAHAN/ALAT |
5.1 Menjelaskan pengertian dan maksud menghargai karya orang lain | Menghargai karya orang lain. | · Mendiskusikan pengertian dan maksud menghargai karya orang lain dalam diskusi kelompok. · Mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang pengertian dan maksud menghargai karya orang lain | · Mampu menjelaskan pengertian dan maksud menghargai karya orang lain. · Mampu menghargai karya orang lain. | Jenis Tagihan: Tugas individu Tes lisan, tulisan Bentuk instrumen: Uraian singkat /soal | 2 jam | | · Al-Quran dan terjemah. · Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali) · Buku-buku yang relevan. |
5.2 Menampilkan contoh perilaku menghargai karya orang lain | Contoh Perilaku yang menghargai karya orang lain | · Mempraktikkan contoh perilaku yang menghargai karya orang lain. · Menunjukkan contoh perilaku menghargai karya orang lain. | · Mampu menampilkan beberapa contoh perilaku yang menghargai karya orang lain. · Mampu menunjukkan contoh perilaku menghargai karya orang lain. | Jenis Tagihan: Tugas individu Tes lisan, tulisan Bentuk instrumen: Lembar Pengamatan /soal | 2 jam | | · Al-Quran dan terjemah. · Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali) · Buku-buku yang relevan. |
5.3 Membiasakan perilaku menghargai karya orang lain dalam kehidupan sehari-hari | Pembiasaan Perilaku yang menghargai karya orang lain | · Menunjukkan perilaku menghargai karya orang lain. · Membiasakan perilaku menghargai karya orang lain dalam pembelajaran. | · Mampu menunjukkan perilaku menghargai karya orang lain. · Mampu membiasakan perilaku menghargai karya orang lain | Jenis Tagihan: Tugas individu Tes lisan, tulisan Bentuk instrumen: Lembar Pengamatan /soal | 2 jam | | · Al-Quran dan terjemah. · Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali) · Buku-buku yang relevan. |
SILABUS / GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENYULUHAN
Mata Penyuluhan : Akhlak
Kelompok : Majlis Ta’lim / Remaja Masjid / dll yang relevan
Standar Kompetensi : 6. Menghindari perilaku tercela.
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | Dalil | SUMBER/ BAHAN/ALAT |
6.1 Menjelaskan pengertian dosa besar | Dosa besar · Pengertian Dosa besar | · Mendiskusikan pengertian dosa. · Mendiskusikan pengertian dosa besar | · Mampu menjelaskan pengertian dosa.. · Mampu menjelaskan pengertian dosa besar | Jenis Tagihan: Tugas individu Tes lisan, tulisan Bentuk instrumen: Uraian singkat /soal | 2 jam | | · Al-Quran dan terjemah. · Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali) · Buku-buku yang relevan. |
6.2 Menyebutkan contoh perbuatan dosa besar | Dosa besar · Contoh-contoh perbuatan dosa besar | · Mendiskusikan contoh-contoh perbuatan dosa besar. · Mendiskusikan ciri-ciri perbuatan yang termasuk dosa besar. | · Mampu menyebutkan beberapa contoh perbuatan dosa besar. · Mampu menyebutkan ciri-ciri perbuatan yang termasuk dosa besar. | Jenis Tagihan: Tugas individu Tes lisan, tulisan Bentuk instrumen: Uraian singkat /soal | 2 jam | | · Al-Quran dan terjemah. · Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali) · Buku-buku yang relevan. |
6.3 Menghindari perbuatan dosa besar dalam kehidupan sehari-hari | Dosa besar · Cara Menghindarkan diri dari perbuatan dosa besar. | · Mendiskusikan cara-cara menghindarkan diri dari perbuatan dosa besar. · Mempraktikkan cara-cara menghindari perbuatan dosa besar. | · Mampu menjelaskan cara-cara menghindari perbuatan dosa besar. · Mampu menghindarkan diri dari perbuatan dosa besar dalam kehidupan sehari-sehari. | Jenis Tagihan: Tugas individu Tes lisan, tulisan Bentuk instrumen: Uraian singkat Lembar pengamatan /soal | 2 jam | | · Al-Quran dan terjemah. · Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali) · Buku-buku yang relevan. |
SILABUS / GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENYULUHAN
Mata Penyuluhan : Akhlak
Kelompok : Majlis Ta’lim / Remaja Masjid / dll yang relevan
Standar Kompetensi : 7. Membiasakan perilaku terpuji.
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | Dalil | SUMBER/ BAHAN/ALAT |
7.1 Menjelaskan pengertian adil, ridha, dan amal shaleh | Adil, Ridha dan Amal saleh : · Pengertian Adil · Pengertian Ridha · Pengertian Amal saleh | · Mendiskusikan pengertian adil. · Mendiskusikan pengertian ridha. · Mendiskusikan pengertian amal shaleh. | · Mampu menjelaskan pengertian adil · Mampu menjelaskan pengertian ridha · Mampu menjelaskan pengertian amal saleh. | Jenis tagihan : Tugas individu Tes lisan, tulisan Bentuk instrumen : Uraian singkat /soal | 2 jam | | · Al-Quran dan terjemah. · Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali) · Buku-buku yang relevan. |
7.2 Menampilkan contoh perilaku adil, ridha, dan amal shaleh | Adil, Ridha dan Amal saleh : · Contoh perilaku adil · Contoh perilaku ridha · Contoh perilaku amal saleh. | · Mempraktikkan contoh perilaku adil. · Mempraktikkan contoh perilaku ridha. · Mempraktikkan contoh perilaku amal shaleh. | · Menampilkan contoh perilaku adil. · Menampilkan contoh perilaku ridha. · Menampilkan contoh perilaku amal saleh. | Jenis tagihan : Tugas individu Tes lisan, tulisan Bentuk instrumen : Lembar pengamatan /soal | 2 jam | | · Al-Quran dan terjemah. · Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali) · Buku-buku yang relevan. |
7.3 Membiasakan perilaku adil, ridha, dan amal shaleh dalam kehidupan sehari-hari | Adil, Ridha dan Amal saleh : · Pembiasaan perilaku adil · Pembiasaan perilaku ridha · Pembiasaan perilaku amal shaleh. | · Berlatih berperilaku adil. · Berlatih berperilaku ridha. · Berlatih berperilaku amal shaleh. | · Menunjukkan perilaku adil. · Menunjukkan perilaku ridha. · Menunjukkan perilaku amal shaleh. | Jenis tagihan : Sikap individu Tes lisan, tulisan Bentuk instrumen : Lembar pengamatan /soal | 2 jam | | · Al-Quran dan terjemah. · Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali) · Buku-buku yang relevan. |
SILABUS / GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENYULUHAN
Mata Penyuluhan : Akhlak
Kelompok : Majlis Ta’lim / Remaja Masjid / dll yang relevan
Standar Kompetensi : 8. Membiasakan perilaku terpuji.
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | Dalil | SUMBER/ BAHAN/ALAT |
8.1 Menjelaskan pengertian dan maksud persatuan dan kerukunan | Persatuan dan Kerukunan : · Pengertian dan maksud persatuan. · Pengertian dan maksud kerukunan | · Mengkaji dan mendiskusikan tentang pengertian persatuan. · Mengkaji dan mendiskusikan tentang pengertian kerukunan | · Mampu menjelaskan pengertian dan maksud persatuan. · Mampu menjelaskan pengertian dan maksud kerukunan. | Jenis tagihan : Tugas individu Tes lisan, tulisan Bentuk instrumen : Uraian singkat /soal | 2 jam | | · Al-Quran dan terjemah. · Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali) · Buku-buku yang relevan. |
8.2 Menampilkan contoh perilaku persatuan dan kerukunan | · Contoh perilaku Persatuan · Contoh perilaku Kerukunan | · Menampilkan contoh perilaku persatuan. · Menampilkan contoh perilaku kerukunan | · Mampu menunjukkan contoh perilaku persatuan. · Mampu menunjukkan contoh perilaku kerukunan | Jenis tagihan : Perilaku individu Bentuk instrumen : Lembar pengamatan /soal | 2 jam | | · Al-Quran dan terjemah. · Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali) · Buku-buku yang relevan. |
8.3 Membiasakan perilaku persatuan dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari | · Persatuan dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari. | · Mempraktikkan perilaku persatuan dalam pembelajaran. · Mempraktikkan perilaku kerukunan dalam pembelajaran. | · Membiasakan perilaku persatuan dalam kehidupan sehari-hari.. · Menunjukkan perilalku rukun dalam pergaulan. | Jenis tagihan : Perilaku individu Tes lisan, tulisan Bentuk instrumen : Lbr pengamatan /soal | 2 jam | | · Al-Quran dan terjemah. · Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali) · Buku-buku yang relevan. |
SILABUS / GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENYULUHAN
Mata Penyuluhan : Akhlak
Kelompok : Majlis Ta’lim / Remaja Masjid / dll yang relevan
Standar Kompetensi : 9. Menghindari perilaku tercela.
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | Dalil | SUMBER/ BAHAN/ALAT |
9.1 Menjelaskan pengertian isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah | Perilaku tercela Pengertian : · Isyrof · Tabzir · Ghibah · Fitnah | · Merumusukan pengertian isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah · Mendiskusikan pengertian isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah | · Mampu menjelaskan pengertian isyrof · Mampu menjelaskan pengertian tabzir · Mampu menjelaskan pengertian ghibah. · Mampu menjelaskan pengertian fitnah | Jenis tagihan : Tugas individu Tes lisan, tulisan Bentuk instrumen : Uraian singkat /soal | 2 jam | | · Al-Quran dan terjemah. · Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali) · Buku-buku yang relevan. |
9.2 Menjelaskan contoh perilaku isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah | Contoh perilaku : · Isyrof · Tabzir · Ghibah · Fitnah | · Mengidentifikasi contoh-contoh perilaku isyraf, tabzir, ghibah, dan fitnah · Mendiskusikan contoh perilaku isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah | · Mampu menjelaskan contoh perilaku isyrof · Mampu menjelaskan contoh perilaku tabzir · Mampu menjelaskan contoh perilaku ghibah · Mampu menjelaskan contoh perilaku fitnah | Jenis tagihan : Tugas individu Tes lisan, tulisan Bentuk instrumen : Uraian singkat /soal | 2 jam | | · Al-Quran dan terjemah. · Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali) · Buku-buku yang relevan. |
9.3 Menghindari perilaku isyraf, tabzir, ghibah, dan fitnah dalam kehidupan sehari-hari | Menghindari perilaku : · Isyrof · Tabzir · Ghibah · Fitnah | · Mengkaji faktor-faktor buruk perilaku isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah · Mengkaji cara-cara menghindar dari perilaku isyrod, tabzir, ghibah, dan fitnah · Membiasakan menghindari perilaku isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah | · Mampu menghindari perilaku isyraf. · Mampu menghindari perilaku tabzir · Mampu menghindari perilaku ghibah · Mampu menghindari prilaku fitnah · Mampu menunjukkan akibat dari isyraf, tabzir, ghibah dan fitnah | Jenis tagihan : Sikap individu Tes lisan, tulisan Bentuk instrumen : Lembar pengamatan /soal | 2 jam | | · Al-Quran dan terjemah. · Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali) · Buku-buku yang relevan. |
bagus ariclenya.
BalasHapusmaaf,
minta halalnya saya ngopy ya mas.!
Assalamu'alaikum kakak bisa minta ijin untuk meng copy silabusnya please boleh yaaa
BalasHapusMohon Izin Copy Article nya
BalasHapus