Kamis, 10 Maret 2011

Silabus Penyuluhan Agama Islam


SILABUS / GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENYULUHAN

Mata Penyuluhan              :  Akhlak
Kelompok                            :  Majlis Ta’lim / Remaja Masjid / dll yang relevan
Standar Kompetensi       :  1. Membiasakan perilaku terpuji.
KOMPETENSI DASAR
MATERI PENYULUHAN
KEGIATAN PENYULUHAN
INDIKATOR
PENILAIAN
METODE
ALOKASI WAKTU
Dalil
SUMBER/
BAHAN/ALAT

1.1     Menyebutkan pengertian perilaku  husnuzhan


Husnu zhan :
·      Pengertian Perilaku Husnu zhan

·         Mendiskusikan pengertian perilaku husnu zhan.
·         Mengidentifikasi prilaku-prilaku yang berkaitan dengan husnuzhan.

·      Mampu menyebutkan pengertian husnu zhan terhadap Allah
·      Mampu menyebutkan pengertian husnu zhan terhadap diri sendiri.
·      Mampu menyebutkan pengertian husnu zhan terhadap sesama manusia.


Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok,
Tes lisan, tulisan

Bentuk instrumen:
Uraian bebas /soal

·   Ceramah
·   Diskusi
·   Tanya Jawab
·   Bermain Peran
·   Game
·   Quis

2 jam


·    Al-Quran dan terjemah.
·    Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali)
·    Buku-buku yang  relevan.


1.2     Menyebutkan contoh-contoh  perilaku husnuzhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia


Husnu zhan :
·      Contoh perilaku husnu zhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia.


·         Mendiskusikan contoh-contoh perilaku husnu dzan  terhadap Allah.
·         Mendiskusikan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap diri sendiri.
·         Mendiskusikan contoh-contoh perilaku terhadap sesama manusia.




·      Mampu menyebutkan contoh husnu zhan terhadap Allah
·      Mampu menyebutkan contoh husnu zhan terhadap diri sendiri.
·      Mampu menyebutkan contoh husnu zhan terhadap sesama manusia.


Jenis Tagihan:
Tugas Individu,
Tugas kelompok
Tes lisan, tulisan
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan

·   Ceramah
·   Diskusi
·   Tanya Jawab
·   Bermain Peran
·   Game
·   Quis

2 jam


·    Al-Quran dan terjemah.
·    Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali)
·    Buku-buku yang  relevan.


1.3     Membiasakan perilaku husnuzhan dalam kehidupan sehari-hari


Husnu zhan :
·      Perilaku Husnu zhan dalam kehidupan sehari-hari.

·         Mempraktikkan contoh-contoh perilaku husnu dzan  terhadap Allah.
·         Mempraktikkan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap diri sendiri.
·         Mempraktikkan contoh-contoh perilaku terhadap sesama manusia.




·      Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap Allah
·      Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap diri sendiri.
·      Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap sesama manusia.


Jenis Tagihan:
Tugas Individu,
Tugas kelompok
Tes lisan, tulisan
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan /soal

·   Ceramah
·   Diskusi
·   Tanya Jawab
·   Bermain Peran
·   Game
·   Quis

2 jam


·    Al-Quran dan terjemah.
·    Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali)
·    Buku-buku yang  relevan.










SILABUS / GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENYULUHAN

Mata Penyuluhan              :  Akhlak
Kelompok                            :  Majlis Ta’lim / Remaja Masjid / dll yang relevan
Standar Kompetensi       :  2. Membiasakan perilaku terpuji.
KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
Dalil
SUMBER/
BAHAN/ALAT
2.1     Menjelaskan pengertian adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu.


Pengertian:
·       Adab dalam berpakaian.
·       Adab dalam berhias
·       Adab dalam perjalanan
·       Adab dalam bertamu dan menerima tamu

·          Mendiskusikan pengertian adab dalam berpakaian
·          Mendiskusikan pengertian adab dalam berhias
·          Mendiskusikan pengertian adab dalam perjalanan dan bertamu atau menerima tamu.
·       Menjelaskan pengertian adab dalam berpakaian.
·       Menjelaskan pengertian adab dalam berhias
·       Menjelaskan pengertian adab dalam perjalanan.
·       Menjelaskan pengertian adab dalam bertamu dan menerima tamu

Jenis Tagihan:
Tugas Individu,
Tugas kelompok,
Tes lisan, tulisan

Bentuk instrumen:
Uraian bebas /soal
2 jam

·    Al-Quran dan terjemah.
·    Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali)
·    Buku-buku yang  relevan.

2.2     Menampilkan contoh-contoh adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu atau menerima tamu.


Contoh-contoh adab
dalam :
·      berpakaian
·      berhiasp
·      perjalanan
·      bertamu atau menerima tamu.
·          Menampilkan contoh-contoh adab dalam berpakaian
·          Menampilkan contoh-contoh dalam berhias
·          Menampilkan contoh-contoh dalam perjalanan
·          Menampilkan contoh-contoh  bertamu atau menerima tamu.
·       Mampu menunjukkan contoh adab dalam berpakaian.
·       Mampu menunjukkan contoh adab dalam berhias.
·       Mampu menunjukkan contoh adab dalam perjalanan
·       Mampu menunjukkan adab dalam bertamu dan menerima tamu.

Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tes lisan, tulisan

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan /soal

2 jam

·    Al-Quran dan terjemah.
·    Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali)
·    Buku-buku yang  relevan.

2.3     Mempraktikkan adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu dalam kehidupan sehari-hari


Praktik adab dalam:
·     Berpakaian
·     Berhias
·     Perjalanan
·     Bertamu dan atau menerima tamu.
·          Mempraktikkan adab dalam berpakaian.
·          Mempraktikkan adab dalam berhias.
·          Mempraktikkan adab dalam  perjalanan.
·          Mempraktikkan adab dalam bertamu atau menerima tamu.

·       Mampu mempraktikkan perilaku yang baik dan benar dalam berpakaian
·       Mampu mempraktikkan perilaku yang baik dan benar dalam berhias
·       Mampu mempraktikkan perilaku yang baik dan benar dalam perjalanan
·       Mampu mempraktikkan perilaku yang baik dan benar dalam bertamu dan menerima tamu.

Jenis Tagihan:
Perilaku Individu
Tes lisan, tulisan

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan /soal
2 jam

·    Al-Quran dan terjemah.
·    Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali)
·    Buku-buku yang  relevan.










SILABUS / GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENYULUHAN

Mata Penyuluhan              :  Akhlak
Kelompok                            :  Majlis Ta’lim / Remaja Masjid / dll yang relevan
Standar Kompetensi       : 3. Menghindari Perilaku Tercela
KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
Dalil
SUMBER/
BAHAN/ALAT
3.1    Menjelaskan pengertian  hasad, riya, aniaya dan diskriminasi


Perilaku Tercela :
·    Pengertian Hasad
·    Pengertian Riya
·    Pengertian Aniaya
·    Pengertian Diskriminasi.

·          Mendiskusikan pengertian hasad.
·          Mendiskusikan pengertian riya.
·          Mendiskusikan pengertian aniaya.
·          Mendiskusikan pengertian diskriminasi.
·      Mampu menjelaskan pengertian hasad
·      Mampu menjelaskan pengertian riya.
·      Menjelaskan pengertian riya.
·      Menjelaskan pengertian diskriminasi

Jenis Tagihan:
Tugas Individu,
Tugas kelompok,
Tes lisan, tulisan

Bentuk instrumen:
Uraian singkat /soal
2 jam

·    Al-Quran dan terjemah.
·    Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali)
·    Buku-buku yang  relevan.

3.2    Menyebutkan contoh perilaku  hasad, riya, aniaya dan diskriminasi.


Contoh-contoh perilaku tercela :
·      Hasad
·      Riya
·      Aniaya
·      diskriminasi

·          Mendiskusikan contoh-contoh perilaku  hasad.
·          Mendiskusikan contoh-contoh perilaku  riya.
·          Mendiskusikan contoh-contoh   perilaku aniaya.
·          Mendiskusikan contoh-contoh perilaku diskriminasi.

·      Mampu menyebutkan contoh perilaku hasad
·      Mampu menyebutkan contoh perilaku riya
·      Mampu menyebutkan contoh perilaku aniaya
·      Mampu menyebutkan contoh perilaku diskriminasi

Jenis Tagihan:
Tugas Individu,
Tugas kelompok
Tes lisan, tulisan
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan /soal
2 jam

·    Al-Quran dan terjemah.
·    Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali)
·    Buku-buku yang  relevan.

3.3    Menghindari perilaku hasad, riya, aniaya dan diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari.


Menghindari perilaku:
·      Hasad
·      Riya
·      Aniaya
·      diskriminasi
·          Mendiskusikan cara-cara menghindari perilaku hasad.
·          Mendiskusikan cara-cara menghindari perilaku riya.
·          Mendiskusikan cara-cara menghindari perilaku aniaya.
·          Mendiskusikan cara-cara menghindari perilaku diskriminasi.

·      Mampu menghindari perilaku hasad.
·      Mampu menghindari perilaku riya.
·      Mampu menghindari perilaku aniaya.
·      Mampu menghindari perilaku diskriminasi.

Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tes lisan, tulisan

Bentuk instrumen:
Uraian bebas /soal

2 jam

·    Al-Quran dan terjemah.
·    Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali)
·    Buku-buku yang  relevan.











SILABUS / GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENYULUHAN

Mata Penyuluhan              :  Akhlak
Kelompok                            :  Majlis Ta’lim / Remaja Masjid / dll yang relevan
Standar Kompetensi       :  4.  Membiasakan berperilaku terpuji
KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
Dalil
SUMBER/
BAHAN/ALAT
4.1     Menjelaskan pengertian  taubat dan raja`


Taubat dan Raja’ :
·    Pengertian Taubat
·    Pengertian Raja’
·         Mendiskusikan pengertian taubat .
·         Mempresentasikan hasil diskusi tentang pengertian taubat
·         Mendiskusikan pengertian raja’.
·         Mempresentasikan hasil diskusi tentang pengertian raja’.

·      Mampu menjelaskan pengertian taubat
·      Mampu menjelaskan pengertian raja’

Jenis Tagihan:
Tugas individu
Tes lisan, tulisan

Bentuk instrumen:
Uraian singkat /soal

2 jam

·    Al-Quran dan terjemah.
·    Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali)
·    Buku-buku yang  relevan.

4.2     Menampilkan contoh-contoh perilaku taubat dan raja`


Taubat dan Raja’ :
·    Contoh Perilaku Taubat
·    Contoh Perilaku Raja’
·         Mempraktikkan contoh-contoh perilaku taubat.
·         Menunjukkan contoh-contoh perilaku taubat.
·          Mempraktikkan contoh-contoh perilaku  raja’.
·         Menunjukkan contoh-contoh perilaku raja’.

·      Mampu menun jukkan contoh-contoh perilaku taubat
·      Mampu menunjukkan contoh-contoh perilaku raja’

Jenis Tagihan:
Tugas individu
Tes lisan, tulisan

Bentuk instrumen:     Lembar Pengamatan /soal

2 jam

·    Al-Quran dan terjemah.
·    Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali)
·    Buku-buku yang  relevan.

4.3     Membiasakan perilaku bertaubat dan  raja` dalam kehidupan sehari hari


Pembiasaan Taubat dan Raja’ dalam kehidupan sehari-hari.
·         Membiasakan raja’ dalam pembelajaran.
·         Membiasakan taubat dalam pembelajaran.
·      Terbiasa berperilaku bertaubat dan raja’ dalam kehidupan sehari-hari.
Jenis Tagihan:
Tugas individu
Tes lisan, tulisan

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan /soal

2 jam

·    Al-Quran dan terjemah.
·    Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali)
·    Buku-buku yang  relevan.











SILABUS / GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENYULUHAN

Mata Penyuluhan              :  Akhlak
Kelompok                            :  Majlis Ta’lim / Remaja Masjid / dll yang relevan
Standar Kompetensi       :  5. Membiasakan perilaku terpuji
KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
Dalil
SUMBER/
BAHAN/ALAT
5.1     Menjelaskan pengertian dan maksud  menghargai karya orang lain


Menghargai karya orang lain.
·          Mendiskusikan pengertian dan maksud menghargai karya orang lain dalam diskusi kelompok.
·          Mempresentasikan hasil  diskusi kelompok tentang pengertian dan maksud menghargai  karya orang lain

·    Mampu menjelaskan pengertian dan maksud menghargai karya orang lain.
·    Mampu menghargai karya orang lain.
Jenis Tagihan:
Tugas individu
Tes lisan, tulisan

Bentuk instrumen:
Uraian singkat /soal

2 jam

·    Al-Quran dan terjemah.
·    Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali)
·    Buku-buku yang  relevan.

5.2     Menampilkan contoh  perilaku menghargai karya orang lain


Contoh Perilaku yang menghargai karya orang lain
·          Mempraktikkan contoh perilaku yang menghargai karya orang lain.
·          Menunjukkan contoh perilaku menghargai karya orang lain.

·    Mampu menampilkan beberapa contoh perilaku yang menghargai karya orang lain.
·    Mampu menunjukkan contoh perilaku menghargai karya orang lain.
Jenis Tagihan:
Tugas individu
Tes lisan, tulisan
Bentuk instrumen:
Lembar Pengamatan /soal

2 jam

·    Al-Quran dan terjemah.
·    Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali)
·    Buku-buku yang  relevan.

5.3     Membiasakan perilaku menghargai karya orang lain dalam kehidupan sehari-hari


Pembiasaan Perilaku yang menghargai karya orang lain
·          Menunjukkan perilaku menghargai karya orang lain.
·          Membiasakan perilaku menghargai karya orang lain dalam pembelajaran.

·    Mampu menunjukkan perilaku menghargai karya orang lain.

·    Mampu membiasakan perilaku menghargai karya orang lain

Jenis Tagihan:
Tugas individu
Tes lisan, tulisan

Bentuk instrumen:
Lembar Pengamatan /soal

2 jam

·    Al-Quran dan terjemah.
·    Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali)
·    Buku-buku yang  relevan.



SILABUS / GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENYULUHAN

Mata Penyuluhan              :  Akhlak
Kelompok                            :  Majlis Ta’lim / Remaja Masjid / dll yang relevan
Standar Kompetensi       : 6. Menghindari perilaku tercela.
KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
Dalil
SUMBER/
BAHAN/ALAT
6.1   Menjelaskan pengertian dosa besar


Dosa besar
·      Pengertian Dosa besar
·          Mendiskusikan pengertian dosa.
·          Mendiskusikan pengertian dosa besar
·    Mampu menjelaskan pengertian dosa..
·    Mampu menjelaskan pengertian dosa besar
Jenis Tagihan:
Tugas individu
Tes lisan, tulisan

Bentuk instrumen:
Uraian singkat /soal

2 jam

·    Al-Quran dan terjemah.
·    Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali)
·    Buku-buku yang  relevan.

6.2   Menyebutkan contoh perbuatan dosa besar



Dosa besar
·      Contoh-contoh perbuatan dosa besar
·          Mendiskusikan contoh-contoh perbuatan dosa besar.
·          Mendiskusikan ciri-ciri perbuatan yang termasuk dosa besar.
·    Mampu menyebutkan beberapa contoh perbuatan dosa besar.
·    Mampu menyebutkan ciri-ciri perbuatan yang termasuk dosa besar.

Jenis Tagihan:
Tugas individu
Tes lisan, tulisan

Bentuk instrumen:
Uraian singkat /soal

2 jam

·    Al-Quran dan terjemah.
·    Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali)
·    Buku-buku yang  relevan.

6.3   Menghindari perbuatan dosa besar dalam kehidupan sehari-hari


Dosa besar
·      Cara Menghindarkan diri dari perbuatan dosa besar.
·          Mendiskusikan cara-cara menghindarkan diri dari perbuatan dosa besar.
·          Mempraktikkan cara-cara menghindari perbuatan dosa besar.

·    Mampu menjelaskan cara-cara menghindari perbuatan dosa besar.
·    Mampu menghindarkan diri dari perbuatan dosa besar dalam kehidupan sehari-sehari.


Jenis Tagihan:
Tugas individu
Tes lisan, tulisan

Bentuk instrumen:
Uraian singkat  Lembar pengamatan /soal

2 jam

·    Al-Quran dan terjemah.
·    Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali)
·    Buku-buku yang  relevan.
















SILABUS / GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENYULUHAN

Mata Penyuluhan              :  Akhlak
Kelompok                            :  Majlis Ta’lim / Remaja Masjid / dll yang relevan
Standar Kompetensi       :  7. Membiasakan perilaku terpuji.
KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
Dalil
SUMBER/
BAHAN/ALAT
7.1     Menjelaskan pengertian adil, ridha, dan amal shaleh


Adil, Ridha dan Amal saleh :
·         Pengertian Adil
·         Pengertian Ridha
·         Pengertian Amal saleh
·          Mendiskusikan pengertian adil.
·          Mendiskusikan pengertian  ridha.
·          Mendiskusikan pengertian amal shaleh.
·    Mampu menjelaskan pengertian adil
·    Mampu menjelaskan pengertian ridha
·    Mampu menjelaskan pengertian amal saleh.

Jenis tagihan :
Tugas individu
Tes lisan, tulisan

Bentuk instrumen :
Uraian singkat /soal
2 jam

·    Al-Quran dan terjemah.
·    Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali)
·    Buku-buku yang  relevan.

7.2     Menampilkan contoh perilaku adil, ridha, dan amal shaleh


Adil, Ridha dan Amal saleh :
·         Contoh perilaku adil
·         Contoh perilaku ridha
·         Contoh perilaku amal saleh.

·          Mempraktikkan contoh perilaku adil.
·          Mempraktikkan contoh perilaku ridha.
·          Mempraktikkan contoh perilaku amal shaleh.
·    Menampilkan contoh perilaku adil.
·    Menampilkan contoh perilaku ridha.
·    Menampilkan contoh perilaku amal saleh.

Jenis tagihan :
Tugas individu
Tes lisan, tulisan

Bentuk instrumen :
Lembar pengamatan /soal
2 jam

·    Al-Quran dan terjemah.
·    Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali)
·    Buku-buku yang  relevan.

7.3     Membiasakan perilaku adil, ridha, dan amal shaleh dalam kehidupan sehari-hari


Adil, Ridha dan Amal saleh :
·         Pembiasaan perilaku adil
·         Pembiasaan perilaku ridha
·         Pembiasaan perilaku amal shaleh.

·          Berlatih berperilaku adil.
·          Berlatih berperilaku ridha.
·          Berlatih berperilaku amal shaleh.

·    Menunjukkan perilaku adil.
·    Menunjukkan perilaku ridha.
·    Menunjukkan perilaku amal shaleh.

Jenis tagihan :
Sikap individu
Tes lisan, tulisan

Bentuk instrumen :
Lembar pengamatan /soal
2 jam

·    Al-Quran dan terjemah.
·    Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali)
·    Buku-buku yang  relevan.


















SILABUS / GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENYULUHAN

Mata Penyuluhan              :  Akhlak
Kelompok                            :  Majlis Ta’lim / Remaja Masjid / dll yang relevan
Standar Kompetensi       :  8. Membiasakan perilaku terpuji.
KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
Dalil
SUMBER/
BAHAN/ALAT
8.1     Menjelaskan pengertian dan maksud persatuan dan kerukunan


Persatuan dan Kerukunan :
·    Pengertian dan maksud persatuan.
·    Pengertian dan maksud kerukunan

·          Mengkaji dan mendiskusikan tentang pengertian persatuan.
·          Mengkaji dan mendiskusikan tentang pengertian kerukunan
·    Mampu menjelaskan pengertian dan maksud persatuan.
·    Mampu menjelaskan pengertian dan maksud kerukunan.

Jenis tagihan :
Tugas individu
Tes lisan, tulisan

Bentuk instrumen :
Uraian singkat /soal
2 jam

·    Al-Quran dan terjemah.
·    Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali)
·    Buku-buku yang  relevan.

8.2     Menampilkan contoh perilaku  persatuan dan kerukunan


·    Contoh perilaku Persatuan
·    Contoh perilaku Kerukunan

·          Menampilkan contoh perilaku persatuan.
·          Menampilkan contoh perilaku kerukunan
·    Mampu menunjukkan contoh perilaku persatuan.
·    Mampu menunjukkan contoh perilaku  kerukunan
Jenis tagihan :
Perilaku individu

Bentuk instrumen :
Lembar pengamatan /soal

2 jam

·    Al-Quran dan terjemah.
·    Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali)
·    Buku-buku yang  relevan.

8.3     Membiasakan perilaku persatuan dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari


·      Persatuan dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari.
·          Mempraktikkan perilaku persatuan dalam pembelajaran.
·          Mempraktikkan perilaku kerukunan dalam pembelajaran.
·    Membiasakan perilaku persatuan dalam kehidupan sehari-hari..
·    Menunjukkan perilalku rukun dalam pergaulan.


Jenis tagihan :
Perilaku individu
Tes lisan, tulisan

Bentuk instrumen :
  Lbr pengamatan /soal
2 jam

·    Al-Quran dan terjemah.
·    Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali)
·    Buku-buku yang  relevan.




















SILABUS / GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENYULUHAN

Mata Penyuluhan              :  Akhlak
Kelompok                            :  Majlis Ta’lim / Remaja Masjid / dll yang relevan
Standar Kompetensi       :  9. Menghindari perilaku tercela.
KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
Dalil
SUMBER/
BAHAN/ALAT
9.1   Menjelaskan pengertian  isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah


Perilaku tercela
Pengertian :
·        Isyrof
·        Tabzir
·        Ghibah
·        Fitnah
·          Merumusukan  pengertian isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah
·          Mendiskusikan pengertian isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah
·    Mampu menjelaskan pengertian isyrof
·    Mampu menjelaskan pengertian tabzir
·    Mampu menjelaskan pengertian ghibah.
·    Mampu menjelaskan pengertian fitnah

Jenis tagihan :
Tugas individu
Tes lisan, tulisan

Bentuk instrumen :
Uraian singkat /soal
2 jam

·    Al-Quran dan terjemah.
·    Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali)
·    Buku-buku yang  relevan.

9.2     Menjelaskan contoh  perilaku  isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah


Contoh perilaku :
·        Isyrof
·        Tabzir
·        Ghibah
·        Fitnah
·          Mengidentifikasi contoh-contoh perilaku isyraf, tabzir, ghibah, dan fitnah
·          Mendiskusikan contoh perilaku isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah
·    Mampu menjelaskan contoh perilaku isyrof
·    Mampu menjelaskan contoh perilaku tabzir
·    Mampu menjelaskan contoh perilaku ghibah
·    Mampu menjelaskan contoh perilaku fitnah

Jenis tagihan :
Tugas individu
Tes lisan, tulisan

Bentuk instrumen :
Uraian singkat /soal
2 jam

·    Al-Quran dan terjemah.
·    Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali)
·    Buku-buku yang  relevan.

9.3     Menghindari perilaku isyraf, tabzir, ghibah, dan fitnah dalam kehidupan sehari-hari


Menghindari perilaku :
·        Isyrof
·        Tabzir
·        Ghibah
·        Fitnah
·          Mengkaji faktor-faktor buruk perilaku isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah
·          Mengkaji cara-cara menghindar dari perilaku isyrod, tabzir, ghibah, dan fitnah
·          Membiasakan menghindari perilaku isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah

·    Mampu menghindari perilaku isyraf.
·    Mampu menghindari perilaku tabzir
·    Mampu menghindari perilaku ghibah
·    Mampu menghindari prilaku fitnah
·    Mampu menunjukkan akibat dari isyraf, tabzir, ghibah dan fitnah

Jenis tagihan :
Sikap individu
Tes lisan, tulisan

Bentuk instrumen :
Lembar pengamatan /soal
2 jam

·    Al-Quran dan terjemah.
·    Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali)
·    Buku-buku yang  relevan.

















3 komentar:

  1. bagus ariclenya.
    maaf,
    minta halalnya saya ngopy ya mas.!

    BalasHapus
  2. Assalamu'alaikum kakak bisa minta ijin untuk meng copy silabusnya please boleh yaaa

    BalasHapus
  3. Mohon Izin Copy Article nya

    BalasHapus

 TELISIK, SKHK dan PPKP Penyuluh Agama 2023  Juli 07, 2023 Standar Kualitas Hasil Kerja dan Pedoman Penilaian Kinerja Penyuluh Agama merupak...