Kamis, 10 Maret 2011

Silabus Penyuluhan Agama Islam


SILABUS / GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENYULUHAN

Mata Penyuluhan              :  Akhlak
Kelompok                            :  Majlis Ta’lim / Remaja Masjid / dll yang relevan
Standar Kompetensi       :  1. Membiasakan perilaku terpuji.
KOMPETENSI DASAR
MATERI PENYULUHAN
KEGIATAN PENYULUHAN
INDIKATOR
PENILAIAN
METODE
ALOKASI WAKTU
Dalil
SUMBER/
BAHAN/ALAT

1.1     Menyebutkan pengertian perilaku  husnuzhan


Husnu zhan :
·      Pengertian Perilaku Husnu zhan

·         Mendiskusikan pengertian perilaku husnu zhan.
·         Mengidentifikasi prilaku-prilaku yang berkaitan dengan husnuzhan.

·      Mampu menyebutkan pengertian husnu zhan terhadap Allah
·      Mampu menyebutkan pengertian husnu zhan terhadap diri sendiri.
·      Mampu menyebutkan pengertian husnu zhan terhadap sesama manusia.


Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok,
Tes lisan, tulisan

Bentuk instrumen:
Uraian bebas /soal

·   Ceramah
·   Diskusi
·   Tanya Jawab
·   Bermain Peran
·   Game
·   Quis

2 jam


·    Al-Quran dan terjemah.
·    Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali)
·    Buku-buku yang  relevan.


1.2     Menyebutkan contoh-contoh  perilaku husnuzhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia


Husnu zhan :
·      Contoh perilaku husnu zhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia.


·         Mendiskusikan contoh-contoh perilaku husnu dzan  terhadap Allah.
·         Mendiskusikan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap diri sendiri.
·         Mendiskusikan contoh-contoh perilaku terhadap sesama manusia.




·      Mampu menyebutkan contoh husnu zhan terhadap Allah
·      Mampu menyebutkan contoh husnu zhan terhadap diri sendiri.
·      Mampu menyebutkan contoh husnu zhan terhadap sesama manusia.


Jenis Tagihan:
Tugas Individu,
Tugas kelompok
Tes lisan, tulisan
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan

·   Ceramah
·   Diskusi
·   Tanya Jawab
·   Bermain Peran
·   Game
·   Quis

2 jam


·    Al-Quran dan terjemah.
·    Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali)
·    Buku-buku yang  relevan.


1.3     Membiasakan perilaku husnuzhan dalam kehidupan sehari-hari


Husnu zhan :
·      Perilaku Husnu zhan dalam kehidupan sehari-hari.

·         Mempraktikkan contoh-contoh perilaku husnu dzan  terhadap Allah.
·         Mempraktikkan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap diri sendiri.
·         Mempraktikkan contoh-contoh perilaku terhadap sesama manusia.




·      Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap Allah
·      Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap diri sendiri.
·      Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap sesama manusia.


Jenis Tagihan:
Tugas Individu,
Tugas kelompok
Tes lisan, tulisan
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan /soal

·   Ceramah
·   Diskusi
·   Tanya Jawab
·   Bermain Peran
·   Game
·   Quis

2 jam


·    Al-Quran dan terjemah.
·    Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali)
·    Buku-buku yang  relevan.










SILABUS / GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENYULUHAN

Mata Penyuluhan              :  Akhlak
Kelompok                            :  Majlis Ta’lim / Remaja Masjid / dll yang relevan
Standar Kompetensi       :  2. Membiasakan perilaku terpuji.
KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
Dalil
SUMBER/
BAHAN/ALAT
2.1     Menjelaskan pengertian adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu.


Pengertian:
·       Adab dalam berpakaian.
·       Adab dalam berhias
·       Adab dalam perjalanan
·       Adab dalam bertamu dan menerima tamu

·          Mendiskusikan pengertian adab dalam berpakaian
·          Mendiskusikan pengertian adab dalam berhias
·          Mendiskusikan pengertian adab dalam perjalanan dan bertamu atau menerima tamu.
·       Menjelaskan pengertian adab dalam berpakaian.
·       Menjelaskan pengertian adab dalam berhias
·       Menjelaskan pengertian adab dalam perjalanan.
·       Menjelaskan pengertian adab dalam bertamu dan menerima tamu

Jenis Tagihan:
Tugas Individu,
Tugas kelompok,
Tes lisan, tulisan

Bentuk instrumen:
Uraian bebas /soal
2 jam

·    Al-Quran dan terjemah.
·    Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali)
·    Buku-buku yang  relevan.

2.2     Menampilkan contoh-contoh adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu atau menerima tamu.


Contoh-contoh adab
dalam :
·      berpakaian
·      berhiasp
·      perjalanan
·      bertamu atau menerima tamu.
·          Menampilkan contoh-contoh adab dalam berpakaian
·          Menampilkan contoh-contoh dalam berhias
·          Menampilkan contoh-contoh dalam perjalanan
·          Menampilkan contoh-contoh  bertamu atau menerima tamu.
·       Mampu menunjukkan contoh adab dalam berpakaian.
·       Mampu menunjukkan contoh adab dalam berhias.
·       Mampu menunjukkan contoh adab dalam perjalanan
·       Mampu menunjukkan adab dalam bertamu dan menerima tamu.

Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tes lisan, tulisan

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan /soal

2 jam

·    Al-Quran dan terjemah.
·    Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali)
·    Buku-buku yang  relevan.

2.3     Mempraktikkan adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu dalam kehidupan sehari-hari


Praktik adab dalam:
·     Berpakaian
·     Berhias
·     Perjalanan
·     Bertamu dan atau menerima tamu.
·          Mempraktikkan adab dalam berpakaian.
·          Mempraktikkan adab dalam berhias.
·          Mempraktikkan adab dalam  perjalanan.
·          Mempraktikkan adab dalam bertamu atau menerima tamu.

·       Mampu mempraktikkan perilaku yang baik dan benar dalam berpakaian
·       Mampu mempraktikkan perilaku yang baik dan benar dalam berhias
·       Mampu mempraktikkan perilaku yang baik dan benar dalam perjalanan
·       Mampu mempraktikkan perilaku yang baik dan benar dalam bertamu dan menerima tamu.

Jenis Tagihan:
Perilaku Individu
Tes lisan, tulisan

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan /soal
2 jam

·    Al-Quran dan terjemah.
·    Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali)
·    Buku-buku yang  relevan.










SILABUS / GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENYULUHAN

Mata Penyuluhan              :  Akhlak
Kelompok                            :  Majlis Ta’lim / Remaja Masjid / dll yang relevan
Standar Kompetensi       : 3. Menghindari Perilaku Tercela
KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
Dalil
SUMBER/
BAHAN/ALAT
3.1    Menjelaskan pengertian  hasad, riya, aniaya dan diskriminasi


Perilaku Tercela :
·    Pengertian Hasad
·    Pengertian Riya
·    Pengertian Aniaya
·    Pengertian Diskriminasi.

·          Mendiskusikan pengertian hasad.
·          Mendiskusikan pengertian riya.
·          Mendiskusikan pengertian aniaya.
·          Mendiskusikan pengertian diskriminasi.
·      Mampu menjelaskan pengertian hasad
·      Mampu menjelaskan pengertian riya.
·      Menjelaskan pengertian riya.
·      Menjelaskan pengertian diskriminasi

Jenis Tagihan:
Tugas Individu,
Tugas kelompok,
Tes lisan, tulisan

Bentuk instrumen:
Uraian singkat /soal
2 jam

·    Al-Quran dan terjemah.
·    Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali)
·    Buku-buku yang  relevan.

3.2    Menyebutkan contoh perilaku  hasad, riya, aniaya dan diskriminasi.


Contoh-contoh perilaku tercela :
·      Hasad
·      Riya
·      Aniaya
·      diskriminasi

·          Mendiskusikan contoh-contoh perilaku  hasad.
·          Mendiskusikan contoh-contoh perilaku  riya.
·          Mendiskusikan contoh-contoh   perilaku aniaya.
·          Mendiskusikan contoh-contoh perilaku diskriminasi.

·      Mampu menyebutkan contoh perilaku hasad
·      Mampu menyebutkan contoh perilaku riya
·      Mampu menyebutkan contoh perilaku aniaya
·      Mampu menyebutkan contoh perilaku diskriminasi

Jenis Tagihan:
Tugas Individu,
Tugas kelompok
Tes lisan, tulisan
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan /soal
2 jam

·    Al-Quran dan terjemah.
·    Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali)
·    Buku-buku yang  relevan.

3.3    Menghindari perilaku hasad, riya, aniaya dan diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari.


Menghindari perilaku:
·      Hasad
·      Riya
·      Aniaya
·      diskriminasi
·          Mendiskusikan cara-cara menghindari perilaku hasad.
·          Mendiskusikan cara-cara menghindari perilaku riya.
·          Mendiskusikan cara-cara menghindari perilaku aniaya.
·          Mendiskusikan cara-cara menghindari perilaku diskriminasi.

·      Mampu menghindari perilaku hasad.
·      Mampu menghindari perilaku riya.
·      Mampu menghindari perilaku aniaya.
·      Mampu menghindari perilaku diskriminasi.

Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tes lisan, tulisan

Bentuk instrumen:
Uraian bebas /soal

2 jam

·    Al-Quran dan terjemah.
·    Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali)
·    Buku-buku yang  relevan.











SILABUS / GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENYULUHAN

Mata Penyuluhan              :  Akhlak
Kelompok                            :  Majlis Ta’lim / Remaja Masjid / dll yang relevan
Standar Kompetensi       :  4.  Membiasakan berperilaku terpuji
KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
Dalil
SUMBER/
BAHAN/ALAT
4.1     Menjelaskan pengertian  taubat dan raja`


Taubat dan Raja’ :
·    Pengertian Taubat
·    Pengertian Raja’
·         Mendiskusikan pengertian taubat .
·         Mempresentasikan hasil diskusi tentang pengertian taubat
·         Mendiskusikan pengertian raja’.
·         Mempresentasikan hasil diskusi tentang pengertian raja’.

·      Mampu menjelaskan pengertian taubat
·      Mampu menjelaskan pengertian raja’

Jenis Tagihan:
Tugas individu
Tes lisan, tulisan

Bentuk instrumen:
Uraian singkat /soal

2 jam

·    Al-Quran dan terjemah.
·    Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali)
·    Buku-buku yang  relevan.

4.2     Menampilkan contoh-contoh perilaku taubat dan raja`


Taubat dan Raja’ :
·    Contoh Perilaku Taubat
·    Contoh Perilaku Raja’
·         Mempraktikkan contoh-contoh perilaku taubat.
·         Menunjukkan contoh-contoh perilaku taubat.
·          Mempraktikkan contoh-contoh perilaku  raja’.
·         Menunjukkan contoh-contoh perilaku raja’.

·      Mampu menun jukkan contoh-contoh perilaku taubat
·      Mampu menunjukkan contoh-contoh perilaku raja’

Jenis Tagihan:
Tugas individu
Tes lisan, tulisan

Bentuk instrumen:     Lembar Pengamatan /soal

2 jam

·    Al-Quran dan terjemah.
·    Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali)
·    Buku-buku yang  relevan.

4.3     Membiasakan perilaku bertaubat dan  raja` dalam kehidupan sehari hari


Pembiasaan Taubat dan Raja’ dalam kehidupan sehari-hari.
·         Membiasakan raja’ dalam pembelajaran.
·         Membiasakan taubat dalam pembelajaran.
·      Terbiasa berperilaku bertaubat dan raja’ dalam kehidupan sehari-hari.
Jenis Tagihan:
Tugas individu
Tes lisan, tulisan

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan /soal

2 jam

·    Al-Quran dan terjemah.
·    Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali)
·    Buku-buku yang  relevan.











SILABUS / GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENYULUHAN

Mata Penyuluhan              :  Akhlak
Kelompok                            :  Majlis Ta’lim / Remaja Masjid / dll yang relevan
Standar Kompetensi       :  5. Membiasakan perilaku terpuji
KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
Dalil
SUMBER/
BAHAN/ALAT
5.1     Menjelaskan pengertian dan maksud  menghargai karya orang lain


Menghargai karya orang lain.
·          Mendiskusikan pengertian dan maksud menghargai karya orang lain dalam diskusi kelompok.
·          Mempresentasikan hasil  diskusi kelompok tentang pengertian dan maksud menghargai  karya orang lain

·    Mampu menjelaskan pengertian dan maksud menghargai karya orang lain.
·    Mampu menghargai karya orang lain.
Jenis Tagihan:
Tugas individu
Tes lisan, tulisan

Bentuk instrumen:
Uraian singkat /soal

2 jam

·    Al-Quran dan terjemah.
·    Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali)
·    Buku-buku yang  relevan.

5.2     Menampilkan contoh  perilaku menghargai karya orang lain


Contoh Perilaku yang menghargai karya orang lain
·          Mempraktikkan contoh perilaku yang menghargai karya orang lain.
·          Menunjukkan contoh perilaku menghargai karya orang lain.

·    Mampu menampilkan beberapa contoh perilaku yang menghargai karya orang lain.
·    Mampu menunjukkan contoh perilaku menghargai karya orang lain.
Jenis Tagihan:
Tugas individu
Tes lisan, tulisan
Bentuk instrumen:
Lembar Pengamatan /soal

2 jam

·    Al-Quran dan terjemah.
·    Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali)
·    Buku-buku yang  relevan.

5.3     Membiasakan perilaku menghargai karya orang lain dalam kehidupan sehari-hari


Pembiasaan Perilaku yang menghargai karya orang lain
·          Menunjukkan perilaku menghargai karya orang lain.
·          Membiasakan perilaku menghargai karya orang lain dalam pembelajaran.

·    Mampu menunjukkan perilaku menghargai karya orang lain.

·    Mampu membiasakan perilaku menghargai karya orang lain

Jenis Tagihan:
Tugas individu
Tes lisan, tulisan

Bentuk instrumen:
Lembar Pengamatan /soal

2 jam

·    Al-Quran dan terjemah.
·    Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali)
·    Buku-buku yang  relevan.



SILABUS / GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENYULUHAN

Mata Penyuluhan              :  Akhlak
Kelompok                            :  Majlis Ta’lim / Remaja Masjid / dll yang relevan
Standar Kompetensi       : 6. Menghindari perilaku tercela.
KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
Dalil
SUMBER/
BAHAN/ALAT
6.1   Menjelaskan pengertian dosa besar


Dosa besar
·      Pengertian Dosa besar
·          Mendiskusikan pengertian dosa.
·          Mendiskusikan pengertian dosa besar
·    Mampu menjelaskan pengertian dosa..
·    Mampu menjelaskan pengertian dosa besar
Jenis Tagihan:
Tugas individu
Tes lisan, tulisan

Bentuk instrumen:
Uraian singkat /soal

2 jam

·    Al-Quran dan terjemah.
·    Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali)
·    Buku-buku yang  relevan.

6.2   Menyebutkan contoh perbuatan dosa besar



Dosa besar
·      Contoh-contoh perbuatan dosa besar
·          Mendiskusikan contoh-contoh perbuatan dosa besar.
·          Mendiskusikan ciri-ciri perbuatan yang termasuk dosa besar.
·    Mampu menyebutkan beberapa contoh perbuatan dosa besar.
·    Mampu menyebutkan ciri-ciri perbuatan yang termasuk dosa besar.

Jenis Tagihan:
Tugas individu
Tes lisan, tulisan

Bentuk instrumen:
Uraian singkat /soal

2 jam

·    Al-Quran dan terjemah.
·    Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali)
·    Buku-buku yang  relevan.

6.3   Menghindari perbuatan dosa besar dalam kehidupan sehari-hari


Dosa besar
·      Cara Menghindarkan diri dari perbuatan dosa besar.
·          Mendiskusikan cara-cara menghindarkan diri dari perbuatan dosa besar.
·          Mempraktikkan cara-cara menghindari perbuatan dosa besar.

·    Mampu menjelaskan cara-cara menghindari perbuatan dosa besar.
·    Mampu menghindarkan diri dari perbuatan dosa besar dalam kehidupan sehari-sehari.


Jenis Tagihan:
Tugas individu
Tes lisan, tulisan

Bentuk instrumen:
Uraian singkat  Lembar pengamatan /soal

2 jam

·    Al-Quran dan terjemah.
·    Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali)
·    Buku-buku yang  relevan.
















SILABUS / GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENYULUHAN

Mata Penyuluhan              :  Akhlak
Kelompok                            :  Majlis Ta’lim / Remaja Masjid / dll yang relevan
Standar Kompetensi       :  7. Membiasakan perilaku terpuji.
KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
Dalil
SUMBER/
BAHAN/ALAT
7.1     Menjelaskan pengertian adil, ridha, dan amal shaleh


Adil, Ridha dan Amal saleh :
·         Pengertian Adil
·         Pengertian Ridha
·         Pengertian Amal saleh
·          Mendiskusikan pengertian adil.
·          Mendiskusikan pengertian  ridha.
·          Mendiskusikan pengertian amal shaleh.
·    Mampu menjelaskan pengertian adil
·    Mampu menjelaskan pengertian ridha
·    Mampu menjelaskan pengertian amal saleh.

Jenis tagihan :
Tugas individu
Tes lisan, tulisan

Bentuk instrumen :
Uraian singkat /soal
2 jam

·    Al-Quran dan terjemah.
·    Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali)
·    Buku-buku yang  relevan.

7.2     Menampilkan contoh perilaku adil, ridha, dan amal shaleh


Adil, Ridha dan Amal saleh :
·         Contoh perilaku adil
·         Contoh perilaku ridha
·         Contoh perilaku amal saleh.

·          Mempraktikkan contoh perilaku adil.
·          Mempraktikkan contoh perilaku ridha.
·          Mempraktikkan contoh perilaku amal shaleh.
·    Menampilkan contoh perilaku adil.
·    Menampilkan contoh perilaku ridha.
·    Menampilkan contoh perilaku amal saleh.

Jenis tagihan :
Tugas individu
Tes lisan, tulisan

Bentuk instrumen :
Lembar pengamatan /soal
2 jam

·    Al-Quran dan terjemah.
·    Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali)
·    Buku-buku yang  relevan.

7.3     Membiasakan perilaku adil, ridha, dan amal shaleh dalam kehidupan sehari-hari


Adil, Ridha dan Amal saleh :
·         Pembiasaan perilaku adil
·         Pembiasaan perilaku ridha
·         Pembiasaan perilaku amal shaleh.

·          Berlatih berperilaku adil.
·          Berlatih berperilaku ridha.
·          Berlatih berperilaku amal shaleh.

·    Menunjukkan perilaku adil.
·    Menunjukkan perilaku ridha.
·    Menunjukkan perilaku amal shaleh.

Jenis tagihan :
Sikap individu
Tes lisan, tulisan

Bentuk instrumen :
Lembar pengamatan /soal
2 jam

·    Al-Quran dan terjemah.
·    Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali)
·    Buku-buku yang  relevan.


















SILABUS / GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENYULUHAN

Mata Penyuluhan              :  Akhlak
Kelompok                            :  Majlis Ta’lim / Remaja Masjid / dll yang relevan
Standar Kompetensi       :  8. Membiasakan perilaku terpuji.
KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
Dalil
SUMBER/
BAHAN/ALAT
8.1     Menjelaskan pengertian dan maksud persatuan dan kerukunan


Persatuan dan Kerukunan :
·    Pengertian dan maksud persatuan.
·    Pengertian dan maksud kerukunan

·          Mengkaji dan mendiskusikan tentang pengertian persatuan.
·          Mengkaji dan mendiskusikan tentang pengertian kerukunan
·    Mampu menjelaskan pengertian dan maksud persatuan.
·    Mampu menjelaskan pengertian dan maksud kerukunan.

Jenis tagihan :
Tugas individu
Tes lisan, tulisan

Bentuk instrumen :
Uraian singkat /soal
2 jam

·    Al-Quran dan terjemah.
·    Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali)
·    Buku-buku yang  relevan.

8.2     Menampilkan contoh perilaku  persatuan dan kerukunan


·    Contoh perilaku Persatuan
·    Contoh perilaku Kerukunan

·          Menampilkan contoh perilaku persatuan.
·          Menampilkan contoh perilaku kerukunan
·    Mampu menunjukkan contoh perilaku persatuan.
·    Mampu menunjukkan contoh perilaku  kerukunan
Jenis tagihan :
Perilaku individu

Bentuk instrumen :
Lembar pengamatan /soal

2 jam

·    Al-Quran dan terjemah.
·    Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali)
·    Buku-buku yang  relevan.

8.3     Membiasakan perilaku persatuan dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari


·      Persatuan dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari.
·          Mempraktikkan perilaku persatuan dalam pembelajaran.
·          Mempraktikkan perilaku kerukunan dalam pembelajaran.
·    Membiasakan perilaku persatuan dalam kehidupan sehari-hari..
·    Menunjukkan perilalku rukun dalam pergaulan.


Jenis tagihan :
Perilaku individu
Tes lisan, tulisan

Bentuk instrumen :
  Lbr pengamatan /soal
2 jam

·    Al-Quran dan terjemah.
·    Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali)
·    Buku-buku yang  relevan.




















SILABUS / GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENYULUHAN

Mata Penyuluhan              :  Akhlak
Kelompok                            :  Majlis Ta’lim / Remaja Masjid / dll yang relevan
Standar Kompetensi       :  9. Menghindari perilaku tercela.
KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
Dalil
SUMBER/
BAHAN/ALAT
9.1   Menjelaskan pengertian  isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah


Perilaku tercela
Pengertian :
·        Isyrof
·        Tabzir
·        Ghibah
·        Fitnah
·          Merumusukan  pengertian isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah
·          Mendiskusikan pengertian isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah
·    Mampu menjelaskan pengertian isyrof
·    Mampu menjelaskan pengertian tabzir
·    Mampu menjelaskan pengertian ghibah.
·    Mampu menjelaskan pengertian fitnah

Jenis tagihan :
Tugas individu
Tes lisan, tulisan

Bentuk instrumen :
Uraian singkat /soal
2 jam

·    Al-Quran dan terjemah.
·    Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali)
·    Buku-buku yang  relevan.

9.2     Menjelaskan contoh  perilaku  isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah


Contoh perilaku :
·        Isyrof
·        Tabzir
·        Ghibah
·        Fitnah
·          Mengidentifikasi contoh-contoh perilaku isyraf, tabzir, ghibah, dan fitnah
·          Mendiskusikan contoh perilaku isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah
·    Mampu menjelaskan contoh perilaku isyrof
·    Mampu menjelaskan contoh perilaku tabzir
·    Mampu menjelaskan contoh perilaku ghibah
·    Mampu menjelaskan contoh perilaku fitnah

Jenis tagihan :
Tugas individu
Tes lisan, tulisan

Bentuk instrumen :
Uraian singkat /soal
2 jam

·    Al-Quran dan terjemah.
·    Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali)
·    Buku-buku yang  relevan.

9.3     Menghindari perilaku isyraf, tabzir, ghibah, dan fitnah dalam kehidupan sehari-hari


Menghindari perilaku :
·        Isyrof
·        Tabzir
·        Ghibah
·        Fitnah
·          Mengkaji faktor-faktor buruk perilaku isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah
·          Mengkaji cara-cara menghindar dari perilaku isyrod, tabzir, ghibah, dan fitnah
·          Membiasakan menghindari perilaku isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah

·    Mampu menghindari perilaku isyraf.
·    Mampu menghindari perilaku tabzir
·    Mampu menghindari perilaku ghibah
·    Mampu menghindari prilaku fitnah
·    Mampu menunjukkan akibat dari isyraf, tabzir, ghibah dan fitnah

Jenis tagihan :
Sikap individu
Tes lisan, tulisan

Bentuk instrumen :
Lembar pengamatan /soal
2 jam

·    Al-Quran dan terjemah.
·    Ihya’Ulumuddin (Al Ghazali)
·    Buku-buku yang  relevan.

















1 komentar:

  1. bagus ariclenya.
    maaf,
    minta halalnya saya ngopy ya mas.!

    BalasHapus