TEKNIK PENYUSUNAN SILABUS
PENYULUHAN AGAMA
PENYULUHAN AGAMA
BAGI PENYULUH AGAMA FUNGSIONAL
Oleh:
MASRIZAL, S.Ag
PENYULUH AGAMA FUNGSIONAL
DEPARTEMEN AGAMA
KOTA PEKANBARU TAHU N 2013
PENYUSUNAN
SILABUS PENYULUHAN AGAMA
1.
Pengertian
Silabus adalah rencana pembelajaran/ penyuluhan
pada suatu dan/atau kelompok mata penyuluhan/ pelajaran/tema tertentu yang
mencakup standar kompetensi ,
kompetensi dasar, materi pokok/pelajaran/ penyuluhan,kegiatan penyuluhan, indikator, penilaian, alokasi
waktu, dan sumber/ bahan/alat pembelajaran/ penyuluhan
2.
Langkah penyusunan silabus:
a) Penulisan identitas
mata pelajaran/ penyuluhan
b) Perumusan standar
kompetensi
c) Penentuan kompetensi
dasar
d) Penentuan materi
pokok dan uraiannya
e) Penentuan kegiatan
belajar
f) Perumusan indikator
g) Penentuan penilaian
h) Penentuan alokasi
waktu
i)
Penentuan sumber belajar/penyuluhan
3.
Standar Kompetensi
a)
Kompetensi adalah Pengetahuan, ketrampilan dan
sikap dan nilai-nilai yang diwujudkan
dalam kebiasaan berfikir dan bertindak
b)
Standar Kompetensi adalah seperangkat kompetensi
yang dibakukan secara nasional dan diwujudkan dengan hasil belajar peserta
c)
Dirumuskan dengan kata kerja operasional seperti
menjelaskan (lihat daftar)
4.
Kompetensi Dasar
a) Merupakan jabaran
dari standar kompetensi
b) Pengetahuan,
ketrampilan dan sikap minimal yang harus dikuasai dan dapat diperagakan peserta
c) Satu butir standar
kompetensi dapat dipecah menjadi 3 sampai 6 butir atau lebih kompetensi dasar
d) Dirumuskan dengan
kata kerja operasional yang dapat diukur (lihat daftar)
5.
Materi Pokok
a) Pokok-pokok materi
yang harus dipelajari peserta sebagai sarana pencapaian kompetensi dasar
b) Dijabarkan dari
kompetensi dasar
c) KD dirumuskan dalam
bentuk kata kerja dan materi pokok
dirumuskan dalam bentuk kata benda atau kata kerja yang dibendakan Penyusunan materi pokok dapat
diklasifikasi menjadi:
·
Fakta :
Menyebutkan nama, kapan, berapa dan di mana
·
Konsep :
Menyebutkan definisi, klasifikasi, ciri-ciri
·
Prosedur : Bagan arus, langkah-langkah mengerjakan
secara urut
·
Prinsip :
Penerapan dalil, hukum atau rumus, hipotesis,
·
hubungan antar variabel (Jika..... Maka ......)
6.
Kegiatan penyuluhan Agama.
a) Pengalaman dan
kegiatan pembelajaran menunjukan kegiatan belajar/ penyuluhan yang perlu dilakukan peserta didik dalam
berinteraksi dengan obyek/ sumber
belajar / penyuluhan untuk mencapai penguasaan kompetensi dasar dan materi penyuluhan.
b) Bentuk kata
operasionalnya dapat berupa kegiatan:
ü mendemonstrasikan
ü mempraktekkan
ü mensimulasikan
ü mengadakan eksperimen
ü menganalisis
ü mengaplikasikan
ü menemukan
ü mengamati
ü meneliti
ü menelaah
ü mendiskusikan , dll.
7.
Indikator
a) Indikator merupakan
tanda peserta didik telah mencapai
kompetensi dasar yang ditandai
perubahan prilaku yang dapat diukur yg
mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan dan merupakan
jabar dari kom petensi tertentu
b) Indikator
dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik, satuan pendidikan dan
potensi daerah
c) Rumusannya
menggunakan kata kerja operasional yang terukur dan atau dapat diobservasi
d) Digunakan sebagai dasar
untuk menyusun alat penilaian
C. STANDAR ISI PENYULUHAN AGAMA
Standar isi disebut dengan
standar kompetensi dan kompetensi dasar:
CONTOH
SILABUS
/ GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENYULUHAN
Mata
Penyuluhan : Aqidah
Kelompok : Majlis Ta’lim / Remaja Masjid / dll yang
relevan
Standar
Kompetensi : 1. Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui
pemahaman sifat-sifat-Nya dalam Asmaul Husna.
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI PENYULUHAN
|
KEGIATAN
PENYULUHAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
Metode
|
ALOKASI
WAKTU
|
Dalil
|
SUMBER/
BAHAN/ALAT
|
1.1
Menyebutkan
10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
|
Asmaul Husna :
·
10
Sifat Allah dalam Asmaul Husna
|
·
Membaca
buku sumber yang berkaitan pengertian sifat-sifat Allah.
·
Mendiskusikan
arti 10 sifat Allah dalam asmaul husna.
|
·
Mampu menyebutkan arti sifat Allah.
·
Mampu
menyebutkan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
|
Jenis Tagihan:
Tugas
Individu
Tugas kelompok,
Tes lisan, tulisan
Bentuk instrumen:
Uraian bebas /soal
|
·
Ceramah
·
Diskusi
·
Tanya
Jawab
·
Bermain
Peran
·
Game
·
Quis
|
2
jam
|
|
·
Al-Quran
dan terjemah.
·
Ihya’Ulumuddin
(Al Ghazali), Pedoman Ilmu Tauhid (Syahminan Zaini), Kitab Ilmu Tauhid Jilid
1,2 dan 3
·
Buku-buku
yang relevan.
|
1.2
Menjelaskan arti
10 sifat Allah dalam Asmaul
Husna
|
Asmaul Husna :
·
10
Asmaul Husna dan artinya
|
·
Membaca
buku sumber yang berkaitan dengan 10 sifat Allah dalam asmaul husna.
·
Menjabarkan
arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
|
·
Mampu
menjelaskan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.
·
Mampu menjabarkan 10 sifat Allah ke dalam sifat
manusia
|
Jenis Tagihan:
Tugas
Individu
Tugas kelompok,
Tes lisan, tulisan
Bentuk instrumen:
Uraian singkat /soa;
|
·
Ceramah
·
Diskusi
·
Tanya
Jawab
·
Bermain
Peran
·
Game
·
Quis
|
2
jam
|
|
·
Al-Quran
dan terjemah.
·
Ihya’Ulumuddin
(Al Ghazali), Pedoman Ilmu Tauhid (Syahminan Zaini), Kitab Ilmu Tauhid Jilid
1,2 dan 3
·
Buku-buku
yang relevan.
|
1.3
Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan
terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul
Husna
|
Perilaku yang mencerminkan keimanan
terhadap 10 Asmaul Husna
|
·
Mempraktikkan
sifat-sifat Allah yang sepatutnya bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari.
·
Menerapkan
prilaku yang mencerminkan sifat-sifat Allah yang sepatutnya bagi manusia
dalam kehidupan sehari-hari.
|
·
Mampu
mempraktikkan sifat-sifat Allah yang sepatutnya bagi manusia dalam kehidupan
sehari-hari.
·
Mampu
menerapkan perilaku yang mencerminkan penghayatan terhadap 10 sifat Allah
dalam Asmaul Husna
|
Jenis Tagihan:
Tugas
Individu
Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan /soal
|
·
Ceramah
·
Diskusi
·
Tanya
Jawab
·
Bermain
Peran
·
Game
·
Quis
|
2
jam
|
|
·
Al-Quran
dan terjemah.
·
Ihya’Ulumuddin
(Al Ghazali), Pedoman Ilmu Tauhid (Syahminan Zaini), Kitab Ilmu Tauhid Jilid
1,2 dan 3
·
Buku-buku
yang relevan.
|
RENCANA PELAKSANAAN
PENYULUHAN AGAMA ISLAM
(RPP)
Mata Penyuluhan : AQIDAH
Kelompok Binaan
: Al-Khairat
Semester : I
Pertemuan Ke- : kedua
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : Meningkatkan Keimanan Kepada Allah
Kompetensi Dasar :
1. Menyebutkan 10 sifat Allah dalam Asmaul
Husna
Indikator :
1. Mampu
menyebutkan arti sifat Allah.
2. Mampu
menyebutkan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
I. Tujuan
Penyuluhan
Meningkatkan wawasan peserta penyuluhan tentang pinjam meminjam
II. Materi Pokok
10
Sifat Allah dalam Asmaul Husan:
III.Metode
Penyuluhan Agama
1. Ceramah
2. Tanya jawab
IV.Langkah-langkah
Penyuluhan Agama
1. Kegiatan Pembukaan
a. PA mengucapkan salam
b. PA mengucapkan tahmid dan shalawat
c. PA menyampaikan kata pengantar
tentang materi yang akan dibicarakan
2.
Kegiatan Inti
a.
PA memberikan penjelasan secara singkat hukum dan mamfaat pinjam-memin
jam dan hal lain yg dianggap perlu
b. Peseta diberikan
kesempatan untuk mengajukan pertanyaan
c.
Penyuluh Agama memberikan jawaban terhadap
pertanyaan peserta
d.
Penyuluh membuat ramkuman/ simpulan
3.
Kegiatan Penutup
a.
PA mengadakan evaluasi terhadap materi yang disampaikan
b.
PA mengucapkan kata maaf, terima kasih dan salam
V.
Media Penyuluhan Agama
Papan
tulis, OHP, Flipchart atau LCD, InFocus
VI.
Sumber Penyuluhan
1.
Al-Quran dan Terjemahannya
2.
Al Ghazali Ihya ‘Ulumuddin
3.
Kitab Tauhid Jilid 1, 2 dan 3
VII.
Penilaian
Di akhir penyuluhan, PA memberikan beberapa pertanyaan dari
penyuluhan yang diberikan dan me
rumuskan rangkuman materi penyuluhan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar