SILABUS /
GARIS-GARIS BESAR PROGRAM BIMWIN
Mata
Kursus : Pembinaan
Keluarga Sakinah Bagi Peserta Bimwin
Kelompok : Dasar
Standar
Kompetensi : 1. Pree Test
2. Perkenalan dan Kontrak Belajar
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI POKOK
dan SUB MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
ALOKASI WAKTU
|
METODE
PEMBELAJARAN
|
Dalil
|
SUMBER/
BAHAN/ALAT
|
1.
Pree Test
|
·
|
·
Tes
Pengetahuan Dasar Peserta Bimbingan Tentang Pernikahan dan Rumah Tangga
|
·
Peserta
mampu mengungkapkan pengetahuan dasar mereka tentang perkawinan dan rumah
tangga
|
15
Menit
|
·
Tes
Tertulis
|
·
Paket
Soal Tes
|
|
2.
Perkenalan dan Kontrak Belajar
|
· Perkenalan
· Kontrak belajar
|
·
Perkenalan
·
Kontrak
belajar
·
Harapan,
masalah dan tantangan
|
·
Peserta
dan fasilitator saling mengenal satu dengan yang lainnya agar pelaksanaan
bimbingan dapat berjalan dengan lebih santa
·
Peserta
membuat kesepakatan bersama dalam proses belajar pada bimwin
·
Peserta
menyampaikan harapan, masalah dan tantangan yang ada dalam kegiatan bimbingan
dan perkawainan
|
1
jam
|
·
Diskudi
dan curah pendapat
|
·
SK
Ditjen Bimas Islam no 71 1999 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pembinaan Keluarga
Sakinah dan no 318 tahun 2012
|
SILABUS /
GARIS-GARIS BESAR PROGRAM BIMWIN
Mata
Kursus : Pembinaan
Keluarga Sakinah Bagi Peserta Bimwin
Kelompok : Dasar
Standar
Kompetensi : 3. Kebijakan Pemerintah Tentang Pembinaan
Keluarga Sakinah
4. Peraturan dan Perundang-undangan
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI POKOK
dan SUB MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
ALOKASI WAKTU
|
METODE
PEMBELAJARAN
|
Dalil
|
SUMBER/
BAHAN/ALAT
|
|||
3.
Kebijakan Ditjen Bimas Islam
tentang Pelaksanaan Kursusu Pra Nikah
|
·
|
·
Pemaparan
Kebijakan Ditjen Bimas Islam tentang Pelaksanaan Kursus Pra Nikah
|
·
Peserta
mampu memahami tentang kebijakan Ditjen Bimas Islam tentang Pelaksanaan
Kursus Pra Nikah
|
1
jam
|
·
Ceramah
dan Tanya Jawab
|
·
SK
Ditjen Bimas Islam no 71 1999 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pembinaan Keluarga
Sakinah dan no 318 tahun 2012
|
||||
4. Peraturan
Perundang-undngan tentang Perkawinan
dan Pembinaan Keluarga
|
·
UU
Perkawinan dan KHI
·
UU
KDRT
·
UU
Perlindungan Anak
o
|
·
Penjelasan
tentang UU Perkawinan dan KHI
·
enjelasan
UU KDRT
·
Penjelasan
UU Perlindungan Anak
|
·
Peserta
dapat memahami tantang UU Perkawinan dan KHI
·
Peserta
dapat memahami tentang UU KDRT dan Konsekwensi terhadap Pelanggaran UU
tersebut
·
Peserta
dapat memahami tentang UU Perlindungan Anak dan Konsekwensi terhadap
Pelanggaran UU tersebut
|
1
jam
|
·
Ceramah
dan Tanya jawab
·
Diskusi
|
·
UU no
1 tahun 1974 tentang Perkawinan
·
UU
KDRT No 23 tahun 2004
·
UU No
23 tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak
|
||||
SILABUS /
GARIS-GARIS BESAR PROGRAM BIMWIN
Mata
Kursus : Pembinaan
Keluarga Sakinah Bagi Peserta Bimwin
Kelompok : Inti
Standar
Kompetensi : 5. Menyiapkan Keluarga Sakinah
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI POKOK
dan SUB MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
ALOKASI WAKTU
|
METODE
PEMBELAJARAN
|
Dalil
|
SUMBER/
BAHAN/ALAT
|
5. Mempersiapkan
Perkawinan Kokoh Menuju Keluarga Sakinah
|
· Konsep dasatr perkahwinan
o
Hukum
Perkawinan
o
Tujuan
dan hikmah perkahwinan
· 4 Pilar Perkawinan
|
· Menjelaskan konsep dasar perkawinan
· Menjelaskan hukum perkawinan
1.
Wajib
2.
Sunnah
3.
Haram
4.
Makruh
5.
Mubah
· Tujuan dan hikmah perkahwinan
· Menjelaskan 4 pilar perkawinan
1.
Zawwaj
2.
Mistaqan
Ghalidzan
3.
Muasyarah
Bil Ma’ruf
4.
Musyawarah
|
Peserta mampu menjelaskan
· Konsep dasatr perkahwinan
· Hukum Perkawinan
· Tujuan dan hikmah perkahwinan
· 4 pilar perkawinan
|
2
jam
|
· Ceramah
· Diskusi
· Tanya jawab
· games
1.
singai
kehidupan
2.
penunjang
dan penghambat kebahagiaan
3.
Memudahkan
kebahagiaan dan penghambat kebahagiaan
4.
Komitmen
hidup bersama
|
Al-Quran
An-Nisa’ 4 : 1 dan 3
An-Nahl 16 :
72
An-Nur 24 :
32
Ar-Ruum 30 :
21
Luqman 31 :
10
Yaasin 36:
36
Adz Dzariat
51 : 49
Asy-Syura 42
: 7
Al-Baqarah 2
: 187 & 233
An-Nisa’ 4 :
21 & 19
Al-Hadits
Kitab Sahih
Bukhari dan Muslim pada Bab Nikah
Dan Kitab
Hadits imam lainnya yang relevan
|
· Sumber
Oleh: Syaikh
Kamil Muhammad 'Uwaidah
FIQH SUNNAH
Jild 6, 7 dan 8
Oleh Sayid Stabiq
Dan Kitab Hadits imam lainnya yang
relevan
· Alat
Whiteboard
Flipchard
Infocus
|
SILABUS /
GARIS-GARIS BESAR PROGRAM BIMWIN
Mata
Kursus : Pembinaan
Keluarga Sakinah Bagi Peserta Bimwin
Kelompok : Inti
Standar
Kompetensi : 6. Membangun Hubungan Dalam Keluarga
Psikologi Perkawinan
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI POKOK
dan SUB MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
ALOKASI WAKTU
|
METODE
PEMBELAJARAN
|
Dalil
|
SUMBER/
BAHAN/ALAT
|
6. Membangun
Hubungan Dalam Keluarga Psikologi Perkawinan
|
·
Komponen
Hubungan Perkawinan
·
Pembangun
dan penghancur hubungan
·
Menajemen
konflik
|
·
Menjelaskan
komponen hubungan perkawinan
1.
Komitmen
2.
Gairah
3.
Ikatan
Emosi
·
Menjelaskan hal-hal yang dapat membangun dan
menghancurkan hubungan
·
Menjelaskan
tentang menajemen konflik dalam keluarga
·
Menjelaskan
Langkah-langkah mengelola konflik
|
·
Peserta
mampu menjelaskan tentang komponen hubungan perkawinan
·
Peserta
mampu menerapkan dan menyeimbangkan antara komitmen, gairah dan kedekatan
emosi dalam membangun hubungan
·
Peserta mampu memahami hal-hal yang dapat
membangun dan menghancurkan hubungan
·
Peserta
mampu untuk memenej konflik dalam keluarga
·
Peserta
memiliki kemampuan dalam mengelola
konflik
|
3
jam
|
·
Ceramah
·
Diskusi
·
Tanya
jawab
·
Games
1.
Menggambar
keluarga harmonis dan tidak harmonis
2.
Diskusi
pasangan dalam membuat komitmen
3.
Rekening
Bang Hubungan
4.
Diskusi
Kasus
|
· Sumber
Pendidikan Keluarga Teoretis dan Praktis
Penulis: Dr. Helmawati, S.E., M.Pd.I.
· Sumber
BIMBINGAN DAN KONSELING PERKAWINAN
Penulis: Prof. Dr. Bimo Walgito
PANDUAN LENGKAP NIKAH - dari A sampai Z
Oleh: Abu
Hafsh Usamah bin Kamal bin 'Abdir Razzaq
·
Alat
Whiteboard
Flipchard
Infocus
|
SILABUS /
GARIS-GARIS BESAR PROGRAM BIMWIN
Mata
Kursus : Pembinaan
Keluarga Sakinah Bagi Peserta Bimwin
Kelompok : Inti
Standar
Kompetensi : 7. Memenuhi Kebutuhan Keluarga
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI POKOK
dan SUB MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
ALOKASI WAKTU
|
METODE
PEMBELAJARAN
|
Dalil
|
SUMBER/
BAHAN/ALAT
|
7. Memenuhi
Kebutuhan Keluarga
|
·
Ragam
kebutuhan keluarga
·
Pemenuhan
kebutuhan keluarga
·
Mengelola
potensi diri dalam memenuhi kebutuhan keluarga
·
Menajemen
keuangan keluarga
|
·
Menjelaskan
tentang ragam kebutuhan keluarga
1.
Kebutuhan
fisik dan non fisik
2.
Kebutuhan
pribadi, dan bersama
·
Menjelaskan
Pemenuhan kebutuhan keluarga
· Menjelaskan Mengelola potensi diri dalam
memenuhi kebutuhan keluarga
· Menjelaskan tentang menajemen keuangan
keluarga
|
·
Peserta
mampu memilah-milah tentang ragam kebutuhan keluarga
1.
Kebutuhan
fisik dan non fisik
2.
Kebutuhan
pribadi dan bersama
·
Peserta
mampu memahami tentang pemenuhan kebutuhan keluarga
1.
Pembagian
tugas pemenuhan kebutuhan
2.
Prioritas
kebutuhan
·
Peserta
mampu menggali potensi diri dan mengelolanya untuk pemenuhan kebutuhan
keluarga
·
Peserta
mampu memenej keuangan keluarga
|
2
jam
|
·
Ceramah
·
Diskusi
·
Tanya
jawab
·
Games
1.
Curah
pendapat kebutuhan keluarga
2.
Curah
pendapat kebutuhan pribadi
3.
Diskusi
kebutuhan pribadi, bersama dan keluarga
4.
Diskusi
pembagian tugas pemenuhan kebutuhan keluarga
5.
Diskusi
tentang potensi diri dan pasangan
6.
Diskusi
pengaturan keuangan keluarga
|
Al-Quran, Al-Baqarah 2 : 233, An-Nisa
4 : 34
At-Thalaq : 7
Hadits Muslim No. 1218
Abu Daud : 2142
|
·
Sumber
Pendidikan Keluarga
Teoretis dan Praktis
Penulis: Dr.
Helmawati, S.E., M.Pd.I.
·
Sumber
BIMBINGAN DAN
KONSELING PERKAWINAN
Penulis: Prof. Dr.
Bimo Walgito
PANDUAN LENGKAP NIKAH - dari A sampai Z
Oleh: Abu Hafsh Usamah bin Kamal bin
'Abdir Razzaq
·
Alat
Whiteboard
Flipchard
Infocus
|
SILABUS /
GARIS-GARIS BESAR PROGRAM BIMWIN
Mata
Kursus : Pembinaan
Keluarga Sakinah Bagi Peserta Bimwin
Kelompok : Inti
Standar
Kompetensi : 8. Kesehatan Reproduksi
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI POKOK
dan SUB MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
ALOKASI WAKTU
|
METODE
PEMBELAJARAN
|
Dalil
|
SUMBER/
BAHAN/ALAT
|
8. Kesehatan
Reproduksi Keluarga
|
·
Kesehatan
reproduksi keluarga
·
Perbedaan
organ, fungsi, masa dan dampak reproduksi bagi laki-laki dan perempuan
·
Kewajiban
dan hak reproduksi
·
KB
·
Perencanaan
kehamilan dan gizi keluarga
|
· Menjelaskan tentang kesehatan
reproduksi
· Menjelaskan perbedaan organ, fungsi,
masa dan dampak reproduksi bagi laki-laki dan perempuan
· Menjelaskan tentang kewajiban dan hak
reproduksi
· Menjelaskan tentang KB
· Menjelaskan tentang perencanaan
kehamilan dan gizi keluarga
|
·
Peserta
mampu memahami pentingnya kondisi sehat untuk menjalani fungsi dan masa
reproduksi
·
Peserta
mampu memahami perbedaan organ, fungsi, masa dan dampak reproduksi bagi
laki-laki dan perempuan
·
Peserta
mampu memahami tentang kewajiban dan hak reproduksi bagi dirinya dan
pasangannya
·
Peserta
memahami tentang KB, tujuan, manfaat dan alat-alat kontrasepsi yang digunakan
·
Peserta
memahami pentingnya perencanaan kehamilan dan gizi keluarga
|
2
jam
|
·
Ceramah
·
Diskusi
·
Tanya
jawab
·
Games
1. Diskusi tentang alat reproduksi,
fungsi, masa dan dampaknya
2. Diskusi tentang Hak dan kewjiban
reproduksi
3. Diskusi tentang KB dan alat
kontrasepsi
4. Diskusi perencanaan kehamilan dan
pemenuhan kebutuhan gizi keluarga
|
Al-Quran Al-Baqaran, 2 : 187, 222, 223,
228, 232, 233
Al-Luqman : 14
Al-Ahzab: 4-5
Al-Ahqaf, 46 : 15
Al-Ma’arij, 29-30
An-Nur, 24 : 58
Al-Ahzab, 33 : 33
Hadits riwayat Muslim, 2376, 2591
An-Nasai, 323
|
·
Panduan
Kesehatan Keluarga Penulis, Dr. Miriam Stoppard
·
Buku
Saku Gizi Dan Kesehatan Reproduksi. Penulis Martini Fairus dan Prasetyo
·
Kesehatan
Reproduksi dan Seksual Baagi Calon Pengantin. Kemenkes RI
·
Alat
Whiteboard
Flipchard
Infocus
|
SILABUS /
GARIS-GARIS BESAR PROGRAM BIMWIN
Mata
Kursus : Pembinaan
Keluarga Sakinah Bagi Peserta Bimwin
Kelompok : Inti
Standar
Kompetensi : 9. Generasi Berkualitas
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI POKOK
dan SUB MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
ALOKASI WAKTU
|
METODE
PEMBELAJARAN
|
Dalil
|
SUMBER/
BAHAN/ALAT
|
9. Generasi
berkualitas
|
·
Generasi
berkualitas
·
Tahapan
perkembangan anak (Life Span Development)
·
Ciri-ciri
generasi berkualitas
·
Konsep
generasi berkualitas dalam islam
·
Hak
dan kewajiban orang tua terhadap anak
·
Pola
asuh anak yang baik
|
· Menjelaskan tentang generasi
berkualitas
· Menjelaskan tentang tahapan
perkembangan anak (Life Span Development)
· Menjelaskan ciri-ciri generasi
berkualitas
·
Menjelaskan
tentang konsep generasi berkualitas dalam islam
· Menjelaskan tentang hak dan kewajiban
orang tua terhadap anak
· Menjelaskan tentang pola asuh anak
yang baik
|
·
Peserta
mampu memahami tentang generasi berkualitas
·
Peserta
mampu memahami tentang tahapan perkembangan anak (Life Span Development)
1.
Tahapan
perkembangan fisik anak
2.
Tahapan
perkembangan psikologis anak
3.
Tahapan
perkembangan Kognitif, social, dan moral anak
· Peserta mampu memahami tentang
ciri-ciri generasi berkualitas
·
Peserta
mampu memahami tentang konsep generasi berkualitas dalam islam
· Peserta mampu memahami tentang hak dan
kewajiban orang tua terhadap anak
· Peserta memahami tentang pola asuh
anak yang baik
|
2
jam
|
·
Ceramah
·
Diskusi
·
Tanya
jawab
·
Games
1. Diskusi tentang anak harapan
2. Diskusi tentang orang tua impian
3. Diskusi tentang hak dan kewajiban
orang tua terhadap anak
4. Diskusi tentang pola asuh anak yang
benar
|
Al-Quran
At-Tahrim, 6
Al-Furqan, 74
At-Thur, 21
At-Thalaq, 7
Luqman, 12-18
|
·
Sumber
Pendidikan Keluarga
Teoretis dan Praktis
Penulis: Dr.
Helmawati, S.E., M.Pd.I.
·
Sumber
BIMBINGAN DAN
KONSELING PERKAWINAN
Penulis: Prof. Dr.
Bimo Walgito
PANDUAN LENGKAP NIKAH
- dari A sampai Z
Oleh: Abu Hafsh Usamah bin Kamal bin
'Abdir Razzaq
·
·
Alat
Whiteboard
Flipchard
Infocus
|
SILABUS /
GARIS-GARIS BESAR PROGRAM BIMWIN
Mata
Kursus : Pembinaan
Keluarga Sakinah Bagi Peserta Bimwin
Kelompok : Inti
Standar
Kompetensi : 10. Refleksi, Evaluasi dan testimoni
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI POKOK dan SUB MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
ALOKASI WAKTU
|
METODE
PEMBELAJARAN
|
Dalil
|
SUMBER/
BAHAN/ALAT
|
10. Refleksi
dan Evaluasi
|
·
Refleksi
·
Evaluasi
·
Post
Test
·
Testimony
|
· Peserta merefleksikan dirinya terhadap
hasil proses bimbingan selama dua hari ini
· Peserta melakukan evaluasi:
1.
Evaluasi
pencapaian
2.
Evaluasi
materi
3.
Evaluasi
pelaksanaan
4.
Evaluasi
fasilitator
· Peserta mengikuti Post Test
· Peserta memberikan testimony tentang
keseluruhan proses bimbingan
|
· Peserta mampu merefleksikan dirinya
terhadap hasil proses bimbingan selama dua hari ini
· Peserta dapat melakukan evaluasi
secara menyeluruh tentang :
1.
Evaluasi
pencapaian
2.
Evaluasi
materi
3.
Evaluasi
pelaksanaan
4.
Evaluasi
fasilitator
· Peserta dapat menyelesaikan post test
dengan baik
· PEserta memberikan testimony tentang
keseluruhan kegiatan bimbingan
|
1
jam
|
·
Ceramah
·
Diskusi
·
Tanya
jawab
·
Games
1. Menggambar gunung refleksi
2. Menjawab dan mengisi lembaran evaluasi
dan quisioner evaluasi program, pelaksanaan dan fasilitator
|
·
Alat tulis
dan lembaran tes (quisioner)
|
i608w7qzogv574 anal vibrators,masturbators,sex chair,g-spot dildos,dog dildo,realistic dildo,realistic sex dolls,wholesale sex toys,wolf dildo m736n4fmitf575
BalasHapus